agro-sawah-taman-wisata-matahari

Taman Wisata Matahari: Objek Wisata dengan Fokus Edukasi

Taman Wisata Matahari Cisarua, Bogor: 17 Februari 2017. Apabila Anda sedang mencari destinasi wisata di Bogor, Anda bisa mengunjungi Taman Wisata Matahari yang merupakan salah satu objek wisata menarik di sana. Didirikan pada tahun 2007, taman wisata ini dibangun dengan tujuan sebagai wujud kepedulian sang pendiri, yakni Hari Darmawan, kepada masyarakat dari kelas menengah yang mendambakan bisa berlibur dengan menyenangkan namun dengan biaya yang terjangkau di kantong mereka.

Menjawab kepedulian tersebut, akhirnya pihak pengelola pun mendirikan taman di atas lahan seluas 30 hektar. Mungkin jika berbicara taman, tentu di setiap kota memiliki objek wisata taman dengan karakteristiknya sendiri-sendiri. Taman Wisata Matahari ini memiliki beragam objek wisata yang berfokus pada pendidikan. Sehingga jika Anda mengajak anak-anak ke tempat ini, mereka bisa belajar sambil bermain di wahana yang disediakan. Berikut ini merupakan beberapa wahana edukasi yang bisa dikunjungi saat berada di Taman Wisata Matahari.

Wahana dengan tema pendidikan

Dilihat dari namanya saja sudah terlihat bahwa wahana yang satu ini mengusung tema pendidikan. Anak-anak bisa belajar banyak hal di tempat ini melalui berbagai permainan yang ditawarkan, seperti area perkebunan maupun persawahan. Nantinya anak-anak akan diajarkan untuk memahami bagaimana caranya untuk menjaga lingkungan sekitar, memahami lingkungam, membajak sawah, mengenali jenis-jenis sayur, membuat pupuk kompos dari bahan dasar limbah organik, memberi makan hewan, dan masih banyak lainnya. Tentu akan sangat menyenangkan, bukan?

Area permainan yang menyenangkan

Selain belajar, anak-anak juga bisa mencoba berbagai permainan menyenangkan yang ada di Taman Wisata Matahari melalui wahana ini. Tidak hanya bermain saja, mereka juga bisa sambil belajar melalui spot ini. Area permainan ini dibuat untuk mengenalkan dunia permainan untuk anak-anak yang mungkin tidak didapatkan melalui bangku sekolah, seperti trampolin, fantasy train, ontang anting, mini jet, dan masih banyak lainnya.

Wahana wisata alam

Wahana yang memiliki konsep di alam ini didirikan dengan tujuan agar para pengunjung bisa semakin dekat dengan alam. Ada beragam permainan semi olahraga yang ada di tempat ini, seperti dayung perahu, bumper hoat, hingga sepeda air. Anda bisa merasakan sensasi permainan yang menyenangkan sekaligus berolahraga di alam.

Wahana dengan tema petualangan

Spot lainnya yang bisa Anda jumpai ialah wahana dengan tema petualangan. Bagi Anda yang menginginkan area permainan menantang dan memacu adrenalin, Anda bisa mencoba berbagai permainan di tempat ini seperti flying fox, arung jeram, rumah hantu, outbond mini, atau mengendarai ATV. Anda bisa mengajak anak-anak untuk menjajal wahana ini untuk melatih ketangkasan mereka. Namun ingat, pilih permainan yang tingkat keamanannya sesuai dengan usia mereka.

Itu tadi beberapa wahana permainan yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga, terutama saat berkunjung bersama anak-anak. Di tempat ini memang ada beragam wahana yang cocok dikunjungi oleh kalangan usia berapapun, mulai dari orang tua hingga anak-anak. Bahkan ada banyak yang wahana yang mengusung edukasi juga. Namun sebelum pergi berlibur ke Taman Wisata Matahari ini sebaiknya Anda memerhatikan biaya yang akan dikeluarkan. Hitung benar-benar anggaran yang akan Anda keluarkan, mulai dari biaya transportasi, tiket, makan, dan masih banyak lainnya.

Biaya pertama yang harus dihitung ialah biaya transportasi. Anda harus menentukan transportasi mana yang hendak digunakan, berapa biaya yang harus dikeluarkan. Tentu biayanya berbeda-beda antara transportasi umum atau transportasi pribadi. Biaya kedua yang harus dihitung ialah tiket masuk. Tiket masuk yang harus dikeluarkan di Taman Wisata Matahari ini tergolong murah alias terjangkau di kantong. Untuk hari biasa, harga tiket dipatok sebesar Rp 15.000 per orang. Sedangkan untuk harga tiket pada akhir pekan maupun hari libur nasional dibanderol sebesar Rp 20.000 orang. Apabila ingin masuk setiap wahana yang ada di Taman Wisata Matahari, Anda memang perlu mengeluarkan biaya lagi. Namun Anda tidak perlu khawatir karena biaya yang harus dikeluarkan tidak terlalu mahal. Setiap masuk wahana Anda diharuskan membayar tiket seharga Rp 10.000 hingga Rp 25.000 per orang.

Sejauh ini Taman Wisata Matahari telah mendapatkan penghargaan dari “Indonesia Platinum Award” dengan predikat “The Best Favorite Recreation of The Year 2012-2013”. Sehingga sudah banyak warga Jawa Barat maupun luar Jawa Barat yang tertarik mengunjungi objek wisata ini. Pengunjung yang datang ke Taman Wisata Matahari rata-rata sekitar 5.000 – 6.000 pengunjung tiap tahunnya. Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi?

Posted in info and tagged , .